wiro

5 Aktor Film Indonesia Terbaik di Triwulan Pertama 2023

Inilah deretan film yang dibintangi oleh sebagai aktor terbaik Indonesia di sepanjang triwulan pertama tahun 2023. Mulai dari genre horror, drama, hingga thriller menjadi pilihan tontonan untuk mengisi waktu anda.

Berikut adalah aktor Indonesia sepanjang triwulan di tahun 2023:

1. Rafael Guiliano Marthino Lio

Rafael Guiliano Marthino Lio kelahiran pada 26 Januari 1989, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Dia merupakan anak dari pasangan Ignatius tommy Pratomo dan Emanuella Marly. Ia adalah seorang pameran, penyanyi dan model di Indonesia.

Ia mulai dikenal dengan perannya sebagi Raden Mas Rangsang dalam film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan dan Cinta.

Marthino Lio merupakan aktor yang paling bersinar selama 3 bulan pertama di tahun 2023. Pasalnya telah membintangi 4 judul film dari Januari hingga Maret.

Berikut film pertama yang di bintangi oleh Marthino Lio tahun 2023 :

  • Balada Si Roy
  • Mangkujiwo 2
  • Losmen Melati
  • Jin Qorin

Marthino Lio mengawali karirnya menjadi juara ke-2 dalam pemilihan cover boy untuk majalah Aneka Yess! tahun 2004. Kemudian ia terpilih sebagai juara pertama dari ajang Putra Putri Bahari dan mendapat gelar Putra Bahari tahun 2004.

Ia menyanyikan lagu tema untuk film Ada Apa Dengan Cinta? 2 yang berjudul Purnama bersama Melly Goeslaw di tahun 2016.

2. Vino Giovanni Bastian

Vino Giovanni Bastian kelahiran pada 24 Maret 1982, Jakarta, Indonesia. Dia merupakan putra dari penulis novel populer Indonesia sekaligus anak bungsu dari 5 bersaudara pasangan Bastian Tito. Telah menyelesaikan studinya pada jurusan S-1 Teknik Kimia di Institut Teknologi Indonesia.

Ia adalah seorang aktor yang memenangkan Piala Citra dalam perannya Pameran Utam Pria Terbaik bersama dengan pameran utama wanita Fahrani dalam film Radit dan Jani tahun 2008.

Sejak SMP, ia mulai bermain musik sebagai penabuh drum kemudian menjadi seorang model. Tahun 2004 telah debut sebagai aktor lewat film 30 Hari Mencari Cinta.

Ia membintangi  perdananya tersebut membuat memasang kembali dalam beberapa filmya :

  • Catatan Akhir Sekolah (2005)
  • Realita, Cinta dan Rock’s Roll (2006)
  • Pesan Dari Surga (2006)
  • Badai Pasti Berlalu (2007)
  • Radit dan Jani (2008)
  • Hanya Tuhanlah yang Tahu (2013)
  • 3 Nafas Likas (2014)
  • Menolak Talak (2022)

Tahun 2009, Vino berhasil menempati peringkat pertama aktor film Indonesia dengan bayaran termahal dan terbaik sepanjang sejarah dengan honor Rp 250 juta per film.

Tahun 2013, pertama kali dalam produksi sinetron dengan genre religi berjudul Hanya Tuhanlah yang Tahu.

Setelah beristrirahat selama 9 tahun, pada tahun 2022 ia kembali muncul dengan pera sebagai Alif Kodri dalam sinetron Menolak Talak.

Selanjutnya Vino menjadi seorang penyiar radio terkenal yang pernah melakukan kesalahan disaat masa muda, melalui fil Scandal Makers.

Kalian Wajib tahu bahwa Vino G Bastian sangat beradu akting dengan istrinya, Marsha Timothy dengan film:

  • Tampan Tailor (2013)
  • Toba Dreams (2015)
  • Miracle in Cell No. 7 (2022)
  • Kembang Api (2023)

BACA JUGA : 10 Aktris Tercantik di Korea Sepanjang Masa 2024

3. Kiki Narendra

Kiki Narendra kelahiran 28 Juni 1979 adalah seorang pameran dan musisi berkebangsaan Indonesia. Ia merupakan anak dari Gregorius Pandu Setiawan, yang merupakan seorang psikiater dan Ingrid Cynthiani.

Kiki mengawali karirnya dengan mempelajari seni peran di pusat pembelajaran teater yaitu Teater Populer tahun 2009.

Pada tahun 2012, Ia memulai debutnya dalam akting dengan membintangi film layar lebar Tampan Tailor. Selain itu terjun ke industri musik sebagai gitaris dalam grup musik Lucka genre Rock.

Kiki menunjukan kualitas akting yang luar biasa dalam film Mangkujiwo 2. Selanjutnya Kiki juga menjadi perampok dan pembunuh dalam film Berbalas Kejam dan Losmen Melati.

Faktanya, Kiki Narendra menjadi sosok yang paling dibenci oleh orang lain karena ia memang berlangganan dalam peran seorang antagonis. Kemudian Kiki Narendra akhirnya menjadi seorang ustad yang sangat baik dan ramah dalam film Pengabdi Setan 2: Communion (2022).

4. Arswendy Beningswara

Arswendy Beningswara kelahiran pada 22 November 1957, Jakarta, Indonesia. Ia merupakan aktor karakter dan pelatih akting Indonesia keturunan Mandailing. Arswendy telah mempuh pendidikan di jurusan Seni Peran Institut Kesenian Jakarta dari tahun 1978 – 1982.

Selama 3 bulan pertama tahun 2023, Arswendy membintangin 3 judul film. Pertama dalam judul Balada Si Roy, ke-2 adalah film Autobiography dan ke-3 dalam film berjudul Khanzab.

Sebelum menjadi aktor, Ia juga bergabung dalam Teater Mandiri pimpinan Putu Wijawa sejak 1982, selanjutnya bermain film berjudul Opera Jakarta tahun 1985. Pada tahun 2006-2009, Arswendy pernah menjadi ketua Komite Dewan Kesenian Jakarta.

5. Bima Sena

Bima Sena kelahiran pada 6 April 2010, Jakarta , Indonesia. Ia adalah seorang aktor berkebangsaan Indonesia. Seorang aktor cilik mempu menjadi film pertama di tahun 2023 yang berhasil menembus angka 2 juta penonton.

Bima Sena, aktor cilik yang membintangi film Waktu Maghrib. Menceritakan tentang Bima Sena menjadi anak sekolah yang sering bermain setelah sekolah hingga lupa waktu. Selain film ini, dia juga membintangi film Losmen Melati yang dirilis bulan Maret tahun 2023.

Bima Sena ternyata pernah memerankan karakter Farel kecil, dalam serial web Heart (2019).

Sekian 5 aktor di atas ini ditentukan berdasarkan jumlah film yang mereka bintangi hingga kesuksesan filmnya di sepanjang triwulan pertama tahun 2023.