2024_03_11_7946cbbf-8d31-4c2e-9d4d-1d0133ed9cac_jpg

6 Aktor Marvel yang Menang Piala Oscar Terbaru 2024

Penghargaan Academy Awards ke-96 Amerika Serikat dipandu untuk keempat kalinya oleh Jimmy Kimmel, mengumumkan bahwa Oppenheimer tahun 2023 mendominasi dengan 7 penghargaan. Salah satu di antaranya Robert Downey Jr. berhasil memenangkan penghargaan Aktor Pendukung Terbaik.

Keberhasilan Robert Downey Jr. tidak hanya membanggakan para fans Tony Stark/Iron Man, tetapi juga mendorong untuk mengeksplorasi pencapaian lain dari para artis Marvel Cinematic Universe (MCU).

Beberapa dari karakter-karakter pahlawan yang berhasil meraih Piala Oscar dalam pertempuran epik melawan Thanos di film Avengers: Endgame (2019).

1. Michael Douglas

Profesor Hank Pym memainkan peran penting dalam film Ant-Man. Ia diperkenalkan sebagai ilmuwan jenius dalam penciptaan teknologi Ant-Man dan mampu memanipulasi ukuran dan pemberian kekuatan super.

Sebagai Ant-Man generasi pertama, Profesor Hank Pym berpasangan dengan istrinya, Janet van Dyne (Michelle Pfeiffer) yang juga dikenal sebagai The Wasp. Mereka juga turut berperan dalam pertempuran besar di Avengers: Endgame  (2019) melawan Thanos dan pasukannya.

Sebelum bergabung dalam MCU, Michael Douglas telah mengukir namanya dengan memenangkan Academy Award untuk perannya dalam Wall Street (1987) yang memerankan karakter Gordon Gekko dengan karisma memukau, sehingga menjadikannya salah satu karakter ikonik dalam sejarah perfilman.

2. Gwyneth Paltrow

Gwyneth Paltrow sebagai Pepper Potts memegang salah satu peran penting dalam trilogi Iron Man. Pepper Potts digambarkan sebagai perempuan cerdas sekretaris Tony Stark. Kemudian, hubungan mereka berujung pada pernikahan dan memiliki seorang anak perempuan bernama Morgan.

Peran Paltrow sebagai Pepper Potts mencangkup aspek profesionalitas, romansa, keberanian, dan kepahlawanan. Ia muncul dalam pertempuran melawan Thanos dengan kostum Rescue.

Selain itu, dalam momen paling emosional, ia menjadi sosok penenang bagi Tony Stark. Ia menyampaikan bahwa waktunya untuk beristrirahat telah tiba. Momen ini bukan hanya menyentuh hati tetapi juga menandai akhir dari kisah cinta mereka di MCU.

Gwyneth Paltrow memenangkan Oscar untuk perannya dalam Shakespeare in Love (1999), prestasi yang menegaskan kualitasnya sebagai seorang aktris yang berbakat.

3. Natalie Portman

Kemunculan Natalie Portman di film Thor (2011) dikenal sebagai ilmuwan yang menaruh hati pada sang dewa petir, Thor (Chris Hemsworth). Hubungan mereka berputar-putar menghadapi berbagai rintangan karena Jane mengidap penyakit.

Kemunculannya membuat penonton terkejut dan membawa perubahan besar bahwa Jane mampu mengangkat Mjolnir dan mendapatkan kekuatan super seperti Thor, sehingga ia disebut sebagai Lady Thor atau Mighty Thor. Perannya yang lemah karena sakit berubah menjadi kuat. Ia membantu Thor melawan Gorr sang Dewa Jagal yang ingin memusnahkan para dewa.

Natalie Portman meraih Piala Oscar untuk perannya dalam film Black Swan (2010), memerankan penari balet yang terobsesi dengan kesempurnaan.

BACA JUGA : 10 Aktor Muda Indonesia yang Tampan dan Jago Akting

4. Lupita Nyong’o

Peran Lupita Nyong’o sebagai Nakia, kekasih T’Challa (Chadwick Boseman), membawa nuansa yang kuat dan menarik dalam alur cerita Black Panther (2018). Nakia lahir di Wakanda, memiliki pandangan yang berbeda dengan kebijakan isolasionis negaranya. Ia menyadari potensi teknologi canggih Wakanda untuk membantu orang-orang di luar sana yang menderita tetapi Wakanda memilih untuk merahasiakan.

Nakia memilih menjadi aktivis sosial, meninggalkan Wakanda untuk membantu mereka yang membutuhkan. Ia membuktikan keberanian dan dedikasi tanpa kekuatan super pun bisa menjadi seseorang sebagai pahlawan. Meskipun Nakia tidak ikut dalam pertarungan melawan Thanos di Avengers: Endgame, kehadiran dalam Black Panther: Wakanda Forever (2022) menunjukkan dedikasinya dalam membela tanah air.

Lupita Nyong’o meraih penghargaan Oscar untuk aktris pendukung terbaik yang memerankan dalam film 12 Years a Slave (2013) sebagi Patsey.

5. Brie Larson

Brie Larson sebagi Carol Danvers atau Captain Marvel yang membawa energi luar biasa dalam film solo Capitain Marvel (2019). Carol Danvers adalah nama aslinya , ia adalah seorang pilot Angkatan Udara Amerika Serikat yang mendapatkan kekuatan super setelah terkena ledakan mesin alien yang mengubah struktur DNA.

Akibatnya, ia memiliki kekuatan kecepatan, kekuatan fisik, dan kemampuan terbang serta kemampuan memancarkan energi dari tubuhhnya.

Sebelum bergabung di proyek MCU, Brie Larson telah membuktikan dirinya sebagai aktris yang menakjubkan dengan berbagai perannya yang kuat dan emosional. Ia meraikan penghargaan Oscar untuk perannya dalam fim Room (2015) yang memerankan sebagai seorang ibu yang berjuang dalam situasi sulit.

6. Robert Downey Jr.

Robert Downey Jr. sebagai Tony Stark di dalam film Iron Man yang terkadang arogan, sarkastik, pemberontak, tapi sebenrnya mampu berkorban demi orang lain. Selain itu, kehebatannya merakit teknologi membuatnya salah satu tokoh paling berpengaruh dalam MCU.

Kehebatannya dalam sebagai peran Iron Man sudah di akui banyak orang, sayangnya perannya belum berhasil meraih penghargaan Oscar, tetapi  keberhasilannya dalam Oppenheimer sebagai seorang antagonis dalam mengakting sangan terjangkau luas. Terbukti bahwa ia menyesuaikan diri dalam berbagai peran yang berbeda.

Kemenangan baru Robert Downey Jr. di Oscar 2024 menegaskan bahwa para pemain MCU berhasil menghidupkan dan mampu meraih kesuksesan di luar itu hingga panggung Oscar. Prestasi ini juga memperkaya pengalaman para penggemar di seluruh dunia.