Apple Berkeinginan Gunakan Gemini Punya Google untuk Dukung Fitur AI di iPhone

AI Gemini kini menawarkan berbagai fitur dan kemampuan yang mambantu pengguna menuntaskan tugas harian mereka. Gemini juga hadir dalam aplikasi di telepon seluler.

Tetapi selain itu, Google juga menawarkan layanan AI berbasis LLM ini kepada pengembang pihak ketiga. Malahan, Apple diberitakan tengah dalam diskusi dengan Google untuk melinsensikan Gemini pada iPhone.

Menurut Bloomberg, sebagaimana dikutip 9to5Google, Selasa (19/3/2024), \\”Saat ini terdapat diplomasi aktif untuk membolehkan Apple melisensikan Gemini, kumpulan model AI generatif dari sbobet88 login Google, untuk menggerakkan beberapa fitur baru yang akan datang pada software iPhone tahun ini.\\”

Beritanya selain dengan Google, Apple juga menjalin diskusi dengan OpenAI, yang dikala ini menggerakkan kemampuan AI Microsoft.

Menurut info, Apple secara spesifik mencari partner dalam hal AI generatif berbasis cloud untuk menunjang kemampuan AI di iPhone. Dalam laporan terbaru, Apple tengah dalam diskusi dengan Google untuk menerapkan Gemini.

Dalam waktu yang sama, Apple juga tengah menjalankan penawaran model AI di perangkat dan kemampuan on-device AI searah dengan iOS 18 yang akan datang.

Belum Ada Kesepakatan Google dan Apple Soal Gemini

Diskusi antara kedua belah pihak masih berlangsung. Belum ada kesepakatan tentang kapan AI akan dijual.

Kalau info ini terkonfirmasi, hal tersebut akan menjadi perluasan signifikan dari relasi antara kedua perusahaan.

Samsung Gunakan Gemini Milik Google
Masih soal AI, Google sebelumnya juga mengumumkan kemitraan dengan Samsung pada Februari lalu. Di mana Samsung menerapkan Gemini dalam fitur ringkasan di aplikasi Notes, Perekaman Bunyi, dan Keyboard di Galaxy S24 Series.

Samsung juga menerapkan Imagen 2 untuk fitur penyuntingan generatif dalam aplikasi galeri foto mereka. Semua fitur tersebut membutuhkan pemrosesan di server. Samsung juga menerapkan versi on-device dari Gemini pada Galaxy S24 series-nya.