Rincian Kerugian atas Kasus Pembohongan Arisan Ransel Mewah dengan Kalangan Seni Selebgram

Rincian kerugian kasus penipuan arisan ransel mewah dari kalangan seniman sampai selebgram yang ketika ini viral. Kasus ini mencuat sesudah seniman, Ivan Gunawan alias Igun men-upload sebuah postingan di instagram.

Dalam postingannya, Igun mencari sosok bernama Hans Virgoro yang diduga adalah bandar dari arisan ransel mewah ini. Tapi kini, Hans menghilang dan tidak dikenal informasi dan keberadaannya.

Setelah unggahan Ivan Gunawan mahjong ways 2 yang diduga mencari Hans yang menghilang entah kemana. Sejumlah perempuan peserta arisan seketika datang ke Polda Metro Jaya untuk membikin laporan polisi.

Salah satunya Wanita Alda Augustine membikin laporan di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya, Jakarta, terkait kasus dugaan penipuan, 11 Oktober 2023.

Tak sendiri, Alda hadir di Polda Metro Jaya dipandu kuasa undang-undangnya, Putri Maya Rumanti. Adapun pihak terduga pelaku adalah bandar arisan ransel mewah berinisial HV.

Seketika berapa kerugian kasus penipuan arisan ransel mewah dari kalangan seniman sampai selebgram yang ketika ini viral? Kepada awak media, Putri Maya selaku kuasa undang-undang menceritakan kronologi dugaan penipuan yang menimpa sang klien. Alda Augustine dikatakan Putri masuk dalam grup arisan ransel mewah merek Hermes.

Arisan itu dihasilkan dengan jangka waktu dua tahun berjalan, tapi ketika baru berlangsung 1,5 tahun, HV malah menghilang.

Masih ada sekitar lima anggota lagi yang belum menang arisan, termasuk Alda Augustine yang mengalami kerugian sampai Rp160 juta.

Selain Alda Augustine, Putri Maya Rumanti juga mengalami kerugian besar dengan adanya arisan ransel tersebut. Ia menceritakan 25 orang setiap bulan arisan dengan menyetor Rp10 juta.

“Setiap bulan dikocok siapa saja namanya yang bisa, itu bergiliran selama dua tahun,” jelas Putri Maya Rumanti usai membikin laporan.

Dalam pernyataan itu, rincian kerugian kasus penipuan arisan ransel mewah dari kalangan seniman sampai selebgram diperkirakan mencapai Rp900 juta.

“Jumlah korban untuk ketika ini yang kita tahu dari dua grup itu berjumlah kurang lebih 40-45 orang.” ujar kuasa undang-undang pelapor arisan ransel branded,Putri Maya Rumanti, S.H.

“Untuk kerugiannya di satu grup itu sekitar 900 an juta, di grup ini juga 1 M lebih ya. Jadi bervariasi, ada yang 250 juta, ada yang 200 juta, ada yang 17 eh 170 juta, ada yang 160” tukasnya.

Sepatutnya dinantikan bagaimana kelanjutan kasus dugaan penipuan berkedok arisan ransel mewah ini.